Rabu, 17 April 2013

PageRank

Assalamualaikum Sobat Blog :)
Sehat semuakan?
Alhamdulillah. Baiklah, postingan kali ini siang ini adalah tugas resume pagerank saya dan kawan-kawan, silehkan dibaca ya Sob, semoga bermanfaat.. :)

A. Pengertian PageRank
Pagerank adalah sebuah algoritma yang mengasilkan nilai numeric yang berfungsi untuk menentukan situs web yang paling terkenal dan berada di puncak. Sederhananya, perhitungan nilai tersebut akan bertambah bila halaman disitus web tersebut muncul sebagai sebuah hyperlink di halaman web lainnya. Semakin besar nilai yang dimiliki, maka semakin terkenal web tersebut. Pagerank diciptakan oleh Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D.Universitas Stanford dan merupakan salah satu fitur utama Google yang berfungsi untuk menentukan tingkat kepentingan halaman web sehingga dapat menghasilkan penentuan urutan dalam hasil pencarian oleh Google.

B. Konsep PageRank
Sebuah situs web akan semakin terkenal jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan syarat isi/konten situs tersebut berguna dari isi/konten situs lain. Perhitungan nilai PageRank dihitung dengan skala 1-10.
Konsep dasar PageRank seperti konsep link popularity, yang merupakan sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain (Meta Keywords, Meta Description) yang bisa dicurangin dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine. Namun, pada PageRank sendiri tidak hanya sekedar menghitung jumlah link masuk dan link keluar, melainkan menggunakan pendekatan sebuah halaman akan dianggap penting jika halaman lain tersebut memiliki rangking (pagerank) tinggi yang mengacu ke halaman tersebut.

C.        Algoritma PageRank
Lawrence Page dan Sergey Brin, membuat algoritma pagerank seperti berikut ini:
PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
Salah satu algoritma yang telah dipublikasikan yaitu:
PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
Keterangang:
-        PR(A) adalah Pagerank halaman A
-        PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
-        C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
-        d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1
-        N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindeks oleh Google).
      Berdasarkan algoritma tersebut, pagerank ditentukan untuk setiap halaman web dan bukan keseluruhan situs web. Sebuah halaman ditentukan dari pagerank halaman yang mengacu kehalaman tersebut dan juga menjalani proses penentuan pagerank dengan cara yang sama, jadi proses ini akan berulang sampai ditemukan hasil yang tepat.
     Pagerank halaman A tidak langsung diberikan kepada halaman yang dituju, tetapi sebelumnya dibagi dengan jumlah link yang ada pada halaman T1 (link keluar), dan pagerank tersebut dibagi rata kepada setiap link yang ada pada halaman tersebut. Demikian juga dengan setiap halaman lain Tn yang mengacu ke halaman A.

Setelah semua pagerank yang didapat dari halaman-halaman lain yang mengacu ke halaman A dijumlahkan, selanjutnya nilai tersebut dikalikan dengan damping factor yang bernilai 0 sampai 1. Hal ini berfugsi agar keseluruhan nilai pagerank halaman T tidak didistribusikan ke halaman A.

Silahkan donwload tulisannya disini 

Sumber gambar : internet

2 komentar:

mantap gan...nice infony...
patut dcb diblog ane ni..
http://apps--computer.blogspot.com

Thanks Gan,
ane udh kunjungin blog Agan

Posting Komentar