Minggu, 13 November 2011

Steganografi

Untuk menyampaikan sebuah pesan yang rahasia, biasanya seseorang melakukannya dengan sembunyi-sembunyi dan tidak ingin diketahui oleh orang lain (termasuk juga surat cinta kali ye..)
Nah, kamu tahu gak bahwasannya untuk menyampaikan pesan kita yang sangat rahasia tersebut bisa menggunakan teknik Steganografi loh..

Tapi, sebelum menuju teknik tersebut, kamu udah pada tahukan apa itu teknik Steganografi??
Kalau belum, wah kamu beruntung banget baca ni tulisan :), sebab ditulisan ini saya akan memberitahukan apa itu steganorafi lengkap beserta contohnya..

Langsung aja deh kalo begitu,,,
Steganografi adalah teknik yang digunakan untuk mengamankan pesan rahasia kita, dan membuat pesan tersebut seolah-olah tidak tidak ada atau tidak nampak. Tapi, sebenarnya pesan tersebut ada jika kita menelitinya dengan baik dan kita dapat membaca pesan tersebut.
Selain itu juga, teknik steganografi termasuk seni. Nah, pada umumnya, pesan steganografi seperti gambar, artikel, dan yang lainnya. Adapun tujuan dari steganografi itu sendiri adalah untuk mengamankan dan merahasiakan pesan kita dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Nah, udah cukup pahamkan tentang apa itu steganografi? kalau belum juga langsung ke contoh aja deh. Contoh ini adalah lanjutan dari tugas saya pada mata kuliah Keamanan Komputer, tugasnya yaitu membuat sebuah pesan "Jl. H.R. Soebrantas KM 15" dan merahasiakannya dengan teknik Steganografi. Adapun pesannya yang sudah dirahasiakan yaitu:



Penjelasannya yaitu;
Gambar diatas merupakan gambar 25 hewan yang sudah saya susun dan diberi nomor secara terurut, nah dari gambar tersebut kita dapat membaca pesan "Jl. H.R. Soebrantas KM 15", Tapi untuk membaca pesan tersebut, sebelumnya kita harus terlebih dahulu mengetahui semua nama-nama hewan yang ada di gambar tersebut. Adapun nama-nama hewan tersebut yaitu;

  1. Jerapah,
  2. Lutung,
  3. Heyna,
  4. Rusa,
  5. Serigala,
  6. Orang utan,
  7. Elang,
  8. Beo,
  9. Rubah,
  10. Anoa,
  11. Nyamuk,
  12. Tupai,
  13. Ayam,
  14. Sapi,
  15. Komodo,
  16. Macan,
  17. Lumba-lumba,
  18. Iguana,
  19. Merak,
  20. Arwana,
  21. Belalang,
  22. Entok,
  23. Lebah,
  24. Angsa,
  25. Singa.
Coba perhatikan setiap huruf depan pada nama hewan tersebut, bila diperhatikan dan kita susun secara terurut, maka akan melihatkan sebuah pesan yaitu Jl. H.R. Soebrantas KM 15.
Karena Steganografi termasuk seni, maka angka 15 saya ganti dengan huruf (lima belas), ini bertujuan untuk mengelabui para pembaca yang tidak berhak.

Semoga bermanfaat, dan sampai ketemu di postingan selanjutnya....
:)

0 komentar:

Posting Komentar