Selasa, 11 Oktober 2011

Contoh-Contoh Kejahatan Komputer (Tugas #2 Keamanan Komputer)



Computer Crime,,
Yah, kalimat itulah yang harus diketahui oleh seseorang maupun sebuah organisasi yang mempunyai informasi pribadi. Seiring dengan meningkatnya teknologi, maka semakin meningkat juga kejahatan komputer.
Kejahatan komputer atau dikenal dengan Computer Crime merupakan kejahatan yTautanang ditimbulkan oleh pengguna yang tidak bertanggung jawab atau pengguna ilegal. Kejahatan komputer dapat dikelompokkan dari yang mengesalkan dan sampai yang paling berbahaya.
Menurut David Icove, keamanan dapat di klasifikasikan menjadi empat bagian, yaitu:

  1. Keamanan bersifat fisik (physical security),
    yang termasuk kelas ini adalah pencurian komputer atau notebook, termasuk juga orang yang mengakses ke gedung, peralatan, dan media yang digunakan.
  2. Keamanan yang berhubungan dengan orang (personel),
    yang termasuk kelas ini adalah identifikasi, dan profil resiko dari orang yang mempunyai akses (pekerja). Biasanya, pada kelas ini menggunakan Social engineering, yang sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya.
  3. Keamanan dari data dan media serta teknik komunikasi (Communications),
    yang termasuk dalam kelas ini adalah kelemahan dalam software yang digunakan untuk mengelolah data.
  4. Keamanan dalam operasi,
    kebijakan (policy) dan prosedur yang digunakan untuk mengatur dan mengelolah sistem keamanan dan prosedur setelah serangan (post attack recovery) adalah termasuk dalam kelas ini.
Nah, itu merupakan sedikit pengantar dari saya tentang Ciber Crime (kalau semua takut gak cukup euy,, hehehehe..), dan berikut ini adalah contoh-contoh kejahatan komputer pada dua tahun terakhir dan juga merupakan tugas kuliah saya. (langsung ke TKP gan... ^_^v)
  • Keamanan bersifat fisik,
    contoh: Menurut Identify Theft Resource Center, sampai 13 oktober 2009, terjadi kasus penerobosan data, yang sebagian besar insiden tersebut terjadi karena orang dalam (karyawan atau partner). Menurut penelitian Ponemon, 59% mantan karyawan mengakui mengambil data dari perusahaan pada saat mereka mengerjakannnya.
  • Keamanan yang berhubungan dengan orang,
    contoh: Tahun 2009, bisa dibilang dengan tahun website jaringan sosial. Pada tahun 2009, banyak para pengguna jaringan sosial yang dijadikan praktek standar para kriminal.
  • Keamanan dari data dan media serta teknik komunikasi,
    contoh: Dari 1 juli 2008 sampai juni 2009, banyak ditemukan instalasi software umumnya anti virus, dan kata-kata yang paling sering digunakan dan pesan yang diterima oleh pengguna adalah "Telah ditemukan virus yang berbahaya di laptop Anda, segeralah download anti virus dari kami.. GRATIS!!".
  • Keamanan dalam Operasi,
    contoh: Geocities, merupakan merek yang paling umum yang di bajak oleh spammer, sebagai upaya untuk menipu pengguna komputer.
    Resource kejahatan komputer ekofiles
Itulah contoh-contoh kejahatan komputer pada dua tahun terakhir, dan semoga menjadi bahan pertimbangan untuk menjaga masing-masing informasi pribadi kita. (Siiip gan !! :) )



0 komentar:

Posting Komentar