Rabu, 29 Februari 2012

Password Detak Jantung

Jantung digunakan sebagai password??

hmmm,, apabisa..?
Seperti yang dimuat pada surat kabar Riau Pos, Pekanbaru, ternyata penelitian yang berasal dari Cina telah berhasil mengembangkan sebuah sistem keamanan dengan menggunakan irama detak jantung. Jadi, irama detak jantung tersebut digunakan sebagai password untuk mengamankan data-data yang ada. (keren ya temen-temen :) ).
Dan menurut hasil sebuah penelitian mengatakan, setiap orang memiliki detak jantung yang unik loh, karena detak jantung antara satu orang dengan yang lainnya tidak ada yang benar-benar mirip.
Nah, berdasarkan hasil penelitian tersebutlah para peneliti di Cina berupaya membuat password dari detak jantung, karena data yang di proteksi dengan password tersebut kemungkinan besar akan sangat aman.
Pemimpin peneliti sistem keamanan detak jantung ini, Chun-Liang Lin, menggunakan dua grafik elektrokardiogram dari telapak tangan,  yang berfungsi untuk menentukan sifat-sifat matematika yang unik dalam detak jantung. Jadi, dengan cara tersebut para peneliti Cina menemukan bahwa nomor yang diperoleh dapat digunakan sebagai password.
Untuk kedepannya, Lin sebagai kepala pimpinan, berharap sistem keamanan dengan menggunakan detak jantung ini dapat diterapkan ke hard drive eksternal, dan perangkat lain yang dapat dideskripsikan dan dapat dienkripsi hanya dengan menyentuhnya saja.

Resource : Riau Pos 

0 komentar:

Posting Komentar