Senin, 05 Maret 2012

Manfaat Buah Duku

Akhir-akhir ini, kota Pekanbaru sedang kebanjiran buah duku dan banyak di konsumsi masyarakat. Tapi, sebagian orang kemungkinan belum mengetahui apa saja gizi yang terkandung dalam buah duku tersebut. Nah, bagi yang belum tau ni, kamu sangat beruntung membaca artikel ini, karena saya akan memberitahukan apa-apa saja sih gizi yang terkandung dalam buah duku. :)

Buah duku atau nama latinnya Lansium domesticum Corr, jika dilihat dari komposisi zat gizinya, setiap 100 gr buah duku mengandung 70 kal kalori, 1.0 g protein, 0.2 g lemak, 13 g karbohidrat, 0.7g mineral, 18 mg kalsium, 9 mg fosfor, dan 0.9 mg zat besi. Untuk kandungan kalori, mineral, dan zat besi, duku lebih tinggi setingkat dibandingkan dengan buah apel dan jeruk manis.  Kandungan lain yang terdapat pada buah duku adalah Dietary fiber, atau serat. Kandungan ini bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon, dan membersihkan tubuh dari radkal bebas penyebab kanker.
Selain daging buahnya yang segar dan menyehatkan, ternyata bagian kulit buah dan bijinya juga bermanfaat untuk bahan baku obat anti diare dan menurunkan demam. Selain itu juga, kulit kayunya juga sering digunakan orang untuk mengobati gigitan serangga berbisa dan obat disentri. Sebagian orang juga mempercayai, bahwa benalu pohon duku dapat menghambat dan membasmi sel-sel kanker. wah, sungguh tanaman yang istimewa ya teman, selain buah duku itu sendiri murah, ternyata buah duku juga memiliki berbagai manfaat.

resource : Riau Pos

1 komentar:

ternyata kulit buah duku bermanfaat juga untuk menurunkan demam. makasih infonya.

Posting Komentar