Minggu, 23 September 2012

Nama Baru Boot To Gecko, Sistem Operasi Mobile dari Mozilla

Sistem Operasi Mobile sebelumya, yang telah diumumkan oleh Mozilla yang bernama "Boot To Gecko", telah resmi mengganti nama menjadi Firefox Mobile OS yang menggunakan basis teknologi yang sama dengan browser Firefox.
Firefox Mobile OS, didesain hanya untuk OS smartphone atau sejenis ponsel pintar lainnya, tidak seperti pesaingnya Chrome OS, yang mendesain OSnya dengan target dekstop atau notebook.
Menurut sumber, keduanya-duanya mengedepankan teknologi web HTML 5 sebagai basis dari semua yang ada, sehingga para pengembang WEB, dengan mudah untuk mengembangkan aplikasi OS Mobile.
Perlu diketahui, OS Mobile ini dibuat berbasis kernel linux dan menggunakan engine rendering gecko. Hampir semua aplikasi yang ada seperti phone dialer, clock, aplikasi music, pada dasarnya adalah web yang dioptimalkan untuk perangkat mobile.
Selain mengganti nama, mereka juga menginformasikan kerjasama dengan Alcatel dan ZTE yang rencananya akan memproduksi perangat pertama dengan OS mereka. Bahkan operator ternama Deutsche Telekom, Etisalat, Smart, Sprint, Telecom Italia, Telefónica dan Telenor juga ikut mendukung. Kemungkinan perangkat pertama Firefox OS akan diluncurkan oleh Telefonica di Brazil pada awal tahun 2013.

Sumber :  http://www.beritateknologi.com/firefox-mobile-os-nama-baru-boot-to-gecko-sistem-operasi-mobile-dari-mozilla/ 

0 komentar:

Posting Komentar